Kursi Bar Kayu

Jenis Kursi Yang Sesuai Dengan Fungsi dan Ruangnya

Kursi merupakan salah satu furniture yang bersifat fungsional dan tidak mungkin ditiadakan dari sebuah rumah. Namun, fungsinya tersebut tidak berarti membuat kursi harus memiliki bentuk yang monoton. Berbagai macam model dan bentuk dapat kamu temukan saat mencari kursi untuk mengisi rumah. Model dan bentuk ini biasanya berkaitan erat dengan fungsinya. Selain itu setiap model dan bentuk kursi memiliki nama atau sebutannya sendiri. Apa saja nama jenis kursi yang dapat kamu pilih? Berikut macam-macam jenis kursi berdasarkan model dan bentuknya

1. Side chair

Kursi ini adalah jenis kursi tunggal yang memiliki sandaran belakang namun tanpa sandaran tangan (arm). Side chair biasa digunakan untuk beragam ruangan dan aktifitas karena bentuknya yang standar dan cenderung kasual. Kursi ini dapat kamu letakkan di ruang kerja, teras, dapur hingga ruang makan sebagai pendamping meja makan. Sifatnya yang fleksibel membuat rata-rata bobot side chair ini tidak terlalu berat, jenis kursi ini biasanya diciptakan dengan bobot ringan sehingga mudah diangkat untuk dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

2. Dining chair atau kursi makan

Meskipun tadi dikatakan bahwa side chair juga dapat digunakan sebagai pasangan meja makan, sebenarnya ada jenis kursi sendiri untuk ruang makan kamu. Dining chair atau kursi makanmemiliki bentuk yang sangat mirip dengan side chair. Perbedaannya hanyalah kursi jenis ini memang lebih dikhususkan untuk ruang makan. Biasanya kamu akan mendapatkan kursi makan ini saat membeli satu set meja makan. Selain itu, hal yang membedakan kursi makan dengan side chair adalah permukaan dudukannya yang sengaja dibuat lebih datar dan sandaran belakang yang lebih tinggi dan tegak untuk memaksimalkan kenyamanan saat makan.

3. Arm Chair

Kursi ini juga termasuk ke dalam kategori kursi tunggal. Arm chair memiliki sandaran tangan di kiri dan kanan. Kursi jenis ini memiliki fungsi yang beragam dan dapat digunakan sebagai kursi kerja, kursi santai, kursi tamu, hingga kursi untuk membaca buku. Hal tersebut membuat kursi ini cocok ditempatkan di ruang tamu, ruang kerja, bahkan ruang santai atau kamar kamu. Sandaran tangan pada kursi ini membuat seseorang dapat duduk nyaman sendirian atau mengobrol dengan tamu.

4. Footstool / Pouffe / Ottoman

Sebenarnya ini mungkin tidak dapat digolongkan sebagai tempat duduk, karena biasanya jenis kursi ini merupakan pelengkap. Biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan ketinggian yang lebih rendah dari dudukan kursi. Fungsi utamanya memang untuk meletakkan kaki saat duduk di kursi. Ketika duduk di sofa atau arm chair misalnya, kamu dapat meluruskan kaku dengan meletakkan kaki di atas footstool. Meskipun begitu ada pula jenis kursi ottoman yang digunakan sebagai tempat duduk utama. Footstool/Pouffe/Ottoman ini biasanya dibuat satu set dengan sofa, arm chair atau lounge chair.

5. Lounge Chair

Sering juga disebut sebagai kursi santai. Dudukan yang lebih rendah dan lebih panjang ke belakang, serta sandaran yang lebih condong ke belakang atau tidak tegak memungkinkan kamu untuk duduk lebih rebah. Posisi ini akan menciptakan perasaan santai dan rileks. Sesuai namanya, kursi jenis ini cocok digunakan untuk bersantai di lounge, namun juga cocok ditempatkan di teras dengan pemandangan taman.

6. Bench

Bench atau bangku adalah tempat duduk yang biasanya tidak memiliki sandaran dan bentuknya panjang sehingga dapat diduduki oleh beberapa orang. Ada juga bangku yang memiliki sandaran dan hanya untuk diduduki satu orang tapi tidak terlalu umum. Jenis kursi ini cocok diletakkan di luar ruangan seperti di taman atau teras rumah, tetapi jenis yang memiliki Sandaran dan untuk satu orang tadi juga cocok untuk digunakan di ruang makan yang memiliki konsep santai.

7. Bar stool atau kursi bar

Sesuai namanya, kursi ini digunakan di bar, bentuknya yang tinggi memudahkan seseorang untuk meraih minuman atau makanan yang ada di bar. Bar stool juga biasanya dapat kamu beli sepaket dengan meja bar. Dalam penggunaannya di rumah, kamu dapat meletakkannya di dapur yang memiliki konsep menerima tamu atau memiliki bar. Dudukan kursi ini biasanya memiliki tinggi 80—90cm, serta memiliki pijakan kaki pada bagian bawahnya. Selain itu, dudukan kursi bar juga dapat diputar dan diatur ketinggiannya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Main Menu