lantai kayu

5 Jenis Kayu Lantai Terbaik dan Cara Pemasangannya

Lantai kayu keras tahan lama, indah dan cocok untuk setiap ruangan di rumah Anda. Saat memutuskan apa lantai kayu keras terbaik untuk rumah Anda, pertimbangkan berapa banyak lalu lintas pejalan kaki yang diharapkan, berapa banyak waktu yang Anda bersedia untuk melakukan perawatan, dan bagaimana itu cocok dengan dekorasi ruangan Anda.

Artikel ini membahas beragam jenis, gaya, dan fitur lantai sehingga Anda akan memilih dengan percaya diri lantai kayu terbaik yang cocok untuk rumah Anda.

Contoh Lantai Kayu

kayu lantai

Lantai kayu keras terbaik dibuat dari kayu keras kayu solid, kayu keras rekayasa , lantai bambu , lantai gabus dan lantai parket.

  • Lantai kayu solid dibuat dari potongan kayu tunggal yang dipotong langsung dari pohonnya. Ini dapat dipaku ke subfloor kayu.
  • Lantai kayu yang direkayasa biasanya hadir sebagai lantai kayu keras yang sudah jadi. Kayu yang direkayasa siap untuk segera digunakan.
  • Lantai bambu sedikit lebih keras daripada kebanyakan kayu. Ini menjadikannya pilihan lantai kayu tahan gores . Hal ini juga ramah lingkungan.
  • Seperti bambu, gabus adalah pilihan lain yang ramah lingkungan dan sangat bergaya untuk rumah Anda.

Jenis Lantai Kayu Terbaik

1. Lantai Kayu Solid

lantai kayu ulin

Kayu solid tersedia sebagai potongan pra-jadi atau belum selesai dalam berbagai jenis kayu. Pemasangan yang tepat diperlukan untuk mencegah tekuk atau celah, jadi pertimbangkan bantuan profesional. Ketebalan berkisar dari 5/16 hingga inci; lebar khas termasuk 2 sampai 5 inci. Sangat cocok untuk instalasi di atau di atas permukaan tanah. Pasang di atas subfloor kayu.

Lantai Kayu padat bereaksi terhadap fluktuasi kelembaban, mengembang dan menyusut saat tingkat kelembaban berubah. Lantai kayu keras yang paling tahan lama sangat ideal untuk ruangan dengan lalu lintas pejalan kaki yang padat. Dapat diampelas dan dipoles ulang hingga dua kali untuk kinerja yang tahan lama. Contoh lantai kayu yang sering di gunakan adalah kayu jati.

2. Kayu Yang Direkayasa

lantai kayu rekayasa

Terdiri dari beberapa lapisan tipis kayu solid yang menyatu dengan panas, lem dan tekanan. Konstruksi cross-ply bergantian lapisan berlawanan satu sama lain. Setiap lapisan mengembang dan berkontraksi ke arah yang berbeda dengan sedikit atau tanpa perubahan yang terlihat.

Menawarkan tampilan kayu keras solid dengan biaya awal yang lebih rendah. Papan klik bersama untuk pemasangan yang mudah. Karena hanya lapisan atas yang terlihat, kayu yang lebih murah membentuk lapisan inti. Dapat dipasang di atas kayu atau beton. Lantai dengan lapisan atas yang tebal dapat diampelas dan dipoles ulang beberapa kali.

3. Lantai Bambu

lantai bambu

Ada tiga gaya atau tampilan bambu, vertikal, horizontal dan anyaman untai. Vertikal: Batang bambu menyatu secara vertikal, menghasilkan garis linier yang konsisten untuk tampilan modern. Horizontal: Lapisan bambu yang berselang-seling menyatu bersama, mempertahankan sambungan pertumbuhan untuk tampilan alami. Anyaman untai: Serat bambu yang diparut dipadatkan menjadi bahan lantai tahan lama yang meniru kayu keras.

Tahan lama dan mudah dirawat. Biaya awal yang lebih rendah. Tersedia dalam berbagai warna atau dapat diwarnai.

4. Lantai Gabus

Lantai Gabus

Pilihan ramah lingkungan, pohon kayu gabus tidak ditebang. Kulit luar dipanen untuk lantai. Menggunakan instalasi klik bebas lem.

Tahan lama dan mewah, lantai tersedia dalam berbagai warna. Bagian bawah kaki yang hangat, nyaman dan lembut untuk dipijak. Mudah dipelihara.

5. Lantai Parket Kayu Solid

Lantai Parket Kayu Solid

Paling umum tersedia di ubin kaki persegi dengan tepi persegi. Biasanya menggunakan instalasi glue-down.

Ubin dekoratif menambah nuansa bertekstur pada ruangan. Tersedia dalam berbagai jenis dan warna kayu.

Lebih Banyak Pilihan untuk Lantai Kayu Terbaik

  • Lantai akasia: Kayu akasia, juga disebut kenari Asia, adalah salah satu jenis kayu yang lebih khas karena pola butir pusarannya yang berwarna pirang dan coklat gelap. Lantai kayu akasia sangat tahan lama, perawatan rendah dan populer di kalangan desainer rumah.
  • Lantai Kayu Jati: Lantai kayu keras jati terbuat dari kayu jati dari berbagai daerah di Indonesia. Pilihan yang sangat populer yang memiliki tampilan lantai kayu alami ini hadir sebagai lantai yang lebih mewah dan lebih mudah dipasang. 
  • Lantai Kayu Ulin: Lantai kayu keras yang tertekan memiliki penampilan yang lebih tua dan usang yang memberikan tampilan pedesaan di setiap ruangan di rumah Anda.  

Tips Memilih Lantai Kayu Terbaik

Anda dapat mempertimbangkan tips ini saat membuat pilihan lantai kayu untuk rumah Anda:

  • Kualitas kayu: Semua kayu diuji untuk bagaimana mereka menahan keausan dan kemudahan yang mereka dapat penyok ketika kekuatan diterapkan. Hasil pengujian ini memberikan kualitas kayu. Semakin tinggi kualitas kayunya, semakin bagus untuk jangka panjang. Kayu ulin dianggap sebagai salah satu kayu keras yang lebih lembut, sedangkan kayu jati adalah salah satu yang paling keras.
  • Tahan air: Air adalah ancaman utama bagi lantai kayu keras Anda. Pertimbangkan lantai kayu tahan air saat Anda membeli. Hasil akhir yang sangat protektif yang diterapkan pada kayu keras alami akan mencegah cairan masuk ke dalam kayu. 
  • Tahan gores: Goresan dari hewan peliharaan, goresan, penyok, dan bekas lecet merusak penampilan lantai kayu keras Anda. Carilah kayu keras dengan peringkat Janka tinggi saat memilih lantai yang dapat menahan kerusakan.

Tips Pemasangan Lantai Kayu

Saat berbelanja untuk lantai kayu, pertimbangkan bagaimana pemasangannya karena bervariasi menurut jenis lantai kayu. Carilah kontraktor profesional untuk memasang lantai kayu dirumah Anda .  

  • Orang tersebut memiliki catatan pengalaman dalam proyek lantai dan pengetahuan menyeluruh tentang kayu yang Anda inginkan untuk lantai Anda. 
  • Mereka akan mengukur dan mencatat kadar air bahan lantai dan kelembaban relatif ruangan. 
  • Mereka akan memastikan bahwa ada waktu aklimatisasi yang memadai untuk lantai. 

Dibutuhkan beberapa pemikiran ketika memutuskan apa lantai kayu terbaik untuk rumah Anda. Variasi kayu keras yang tersedia memperluas pilihan Anda. Jenis kayu terbaik untuk lantai kayu adalah yang tahan lama dan mudah perawatannya. Saat Anda siap menentukan pilihan, kunjungi layanan pemasangan lantai kayu keras di Rumah Mebel Jepara . 

Rate this post

Main Menu